wibiya widget

Minggu, 03 Juni 2012

Amankan Akun Facebook Dari Hacker


Saat ini jejaring sosial sangatlah digemari oleh orang. Tidak hanya kalangan remaja, bahkan anak-anak dan orang tua juga mempunyai akun di jejaring soial. Teknologi ini memang sangat bagus, baik sebagai sarana untuk berkumpul lewat dunia maya (bersosialisasi) ataupun untuk mencari teman. Itulah kegunaan jejaring sosial (social network).
Facebook, Twitter, Google+, beberapa contoh jejaring sosial yang sedang populer saat ini, memang menjadi fenomena yang sangat dahsyat. Mereka punya manfaat yang sangat luar biasa. Tetapi diluar itu juga mereka menjadi tempat yang sangat berbahaya.
Jejaring sosial akan menjadi tempat yang sangat baik jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang baik pula. Tetapi pada kenyataannya masih banyak orang-orang yang memanfaatkan sarana ini untuk berbuat hal-hal yang kurang baik, sebagai contoh pembunuhan karakter. Hal ini dapat berupa seseorang membuat aku atas nama orang lain, kemudian orang tersebut berbicara ataupun berkomentar kepada orang lain atas nama orang tersebut. Apa yang terjadi? Kalau komentar dalam bahasa dan perkataan yang baik sih tidak menjadi masalah yang besar. Tetapi jika kata-katanya kasar dan tidak baik, itu adalah petaka. Pembunuhan karakter orang tersebut. Sudah jelas orang lain mengira bahwa orang tersebut yang benar-benar sudah berkata, padahal orang lain yang menggunakan.
Dari contoh diatas dapat kita lihat betapa tidak amannya jejaring sosial. Tidak hanya pembunuhan karakter seperti pada contoh, tetapi masih banyak lagi hal tidak baik yang mungkin terjadi. Dan bisa berakibat sangat fatal.
Dari sini saya akan mengambil contoh Facebook yang juga akan saya bahas sedikit tentang keamanan dan pengamanannya.Sebelum serangan terjadi, kita harus terlebih dahulu mengamankan akun kita. Jangan bertindak baru setelah kita terkena serangan, itu sama saja nasi sudah menjadi bubur.
Facebook, merupakan jejaring sosial dengan pengguna terbanyak saat ini. Memiliki celah yang juga lumayan bisa dimanfaatkan paling tidak untuk mengacaukan penggunanya. Salah satu celah yang sangat rentan adalah Pertanyaan Rahasia atau Secret Question. Mengapa demikian?
Facebook hanya menerapkan satu pertanyaan saja, dan pertanyaan itu (untuk saat ini) Facebook tidak menyediakan opsi untuk menggantinya. Hal ini bisa berakibat fatal. Jika seseorang bisa menebak pertanyaan rahasia dari akun seseorang, maka bisa dikatakan dia memiliki akses terhadap akun tersebut. Dan yang sekarang ini pertanyaan rahasia tersebut cenderung simple dan mudah untuk ditebak.
Untuk itu kita perlu mengamamnkan akun Facebook kita. Kita tidak bisa mengganti pertanyaan rahasia yang sudah ada, tetapi masih banyak cara untuk mengamankan akun kita. Baiklah, di bawah ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengamankan akun kita.
  1. Yang pertama, jika Anda membuat Facebook baru, pastikan memilih pertanyaan rahasia yang sulit ditebak. Juga jawaban yang hanya Anda saja yang tahu.
  2. Jika Anda sudah memiliki akun dan ingin menggantinya, Anda bisa mencoba link berikut ini,http://www.facebook.com/update_security_info.php, Disitu kita bisa mengganti email yang terkait dengan akun kita, bisa juga menambahkan nomer telfon untuk keamanan, juga bisa mengganti pertanyaan rahasia, tetapi pertanyaan rahasia belum tentu dapat diganti
  3. Pengaturan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengaturan akun. Berisi tentang hal-hal apa saja yang kita perlihatkan di profil, akses ke akun, dan lainnya. Pertama masuk ke Account Setting, mungkin bahasanya berbeda jika setting bahasa Anda juga berbeda, untuk itu saya sertakan gambar untuk memperjelas.
  4. Setelah masuk pengaturan akun, ada dua point yang harus kita setting disini, yang pertama adalah Privacy Settings dan yang kedua Account Security. Seperti yang terlihat digambar, yang saya beri tanda merah. Selain yang saya beri tanda merah, saya sarankan juga Anda menambahkan email lagi untuk keamanan akun Anda, jadi jika sewaktu-waktu Anda tidak dapat masuk ke email Anda (bisa jadi karena sudah diambil alih orang lain) maka Anda masih tetap bisa mengakses akun melalui email yang lain, juga bisa untuk memulihkan akun.
  5. Pertama kita buka Privacy, klik link manage, kalau bisa buka di tab baru. Di sini hal yang paling penting adalah menyetel agar email kita tidak terlihat oleh orang lain. Setelah masuk Account Security, klik link Customize Setting untuk menyetelnya. Setelah Anda masuk, silahkan tambah keamanan akun anda dengan menyetel hal-hal apa saja yang perlu dan tidak perlu diperlihatkan di profil. Saya sarankan untuk tidak menampilkan email anda di profil karena email adalah kunci dari akun kita. Di halaman Privacy Setting sebelumnya Anda juga bisa merubah hal lain seperti apakah anda ingin agar orang lain dapat mencari Anda melalui pencarian, Anda juga dapat menyetel aplikasi-aplikasi apa saja yang Anda ikuti dan memberhentikannya. 
  6. Kemudian setelah kita selesai dengan privasi, buka Account Security yang ada di langkah 4. Di situ kita dapat merubah keamanan login kita secara maksimal. Saya sarankan Anda menyetel seperti yang terlihat pada gambar. Akan saya jelaskan satu persatu apa maksud dari setelan tersebut.
  7. Yang pertama adalah Secure Browsing, menurut saya ini adalah hal yang wajib dan sangat perlu. Dengan ini setiap Anda login ke akun Facebook, Anda akan menggunakan koneksi https, yaitu semua data yang kita kirim akan terenkripsi, yang berarti kita bisa mencegah sniffing atau sebuah serangan yang akan mengintai setiap data yang kita kirimkan. Sangat bermanfaat terutama saat kita melakukan koneksi di hotspot area yang rentan terhadap packet sniffing.
  8. Selanjutnya adalah Login notifications, jika ada seseorang atau Anda sendiri yang melakukan akses ke akun Anda tetapi melalui komputer atau perangkat yang tidak Anda kenali, maka Facebook akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda baik melalui email ataupun melalui sms. Pastikan untuk mendaftarkan nomer ponsel Anda agar dapat menggunakan fasilitas sms ini.
  9. Pengaturan yang terakhir adalah Login Approvals. Dengan mengaktifkan opsi ini, maka setiap kali Anda atau mungkin juga orang lain yang akan mengakses akun melalui perangkat atau komputer yang tidak Anda kenali akan memerlukan Anda untuk login. Anda harus memberikan kode yang dikirimkan oleh Facebook melalui sms ke nomer ponsel Anda. Memang sedikit ribet, terutama jika Anda melakukan akses di warnet, tetapi ini cara yang ampuh untuk mengamankan akun. Misalnya jika kita sudah terlanjut terkena phising atau sniffing kemudian orang lain sudah memiliki akun dan password kita, maka jika orang itu mencoba untuk login, maka keamanan ini akan sangat membantu karena orang tersebut tidak dapat login ke akun Anda. Sangat bermanfaat.
Baiklah, saya kira pengaturan internal akun Facebook cukup sampai disini. Selanjutnya adalah tergantung Anda sendiri, yang merupakan keamanan paling menentukan yaitu pemilik akun tersebut.
  • Berhati-hati, itu yang sangat penting. Jangan Melakukan login disembarang perangkat, terutama yang mencurigakan.
  • Saat di warnet pun harus selalu berhati-hati, barangkali ada sniffer di komputer warnet tersebut.
  • Jangan mengklik sembarang link. Perhatikan kemana link tersebut mengarah.
  • Hati-hati terhadap phising, yang terkenal juga dengan sebutan jebakan betmen. Biasanya phising meminta Anda untuk login pada website-website yang mencurigakan. Pastikan alamat tempat Anda login benar-benar http://www.facebook.com.
  • Jangan pernah memberikan akses akun (username/email dan password) Anda ke orang lain.
Oke, saya kira cukup dari saya tentang bagaimana mengamankan akun Facebook. Saya harap tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. INGATLAH BAHWA KEAMANAN AKUN ANDA ADA PADA DIRI ANDA SENDIRI. JANGAN SAMPAI “NASI BERUBAH MENJADI BUBUR” HANYA KARENA KELALAIAN ANDA DALAM MENGAMANKAN AKUN ANDA SENDIRI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar